Kantor : Jalan By Pass Km. 9,5 - Padang | Tlp. : +62 751 495958

Berita

Sungai Sapih membuka Pra Manunggal dengan Balanjuang Ikan Puyu

  • Publis :15 Mei 2016
  • 172 x dibuka
  • Sungai Sapih membuka Pra Manunggal dengan Balanjuang Ikan Puyu

    Sungai Sapih, 15 Mei 2016
    Masyarakat Kelurahan Sungai Sapih mengawali pagi mereka dengan bersama menyingsingkan lengan baju dan melaksanakan gotong royong di wilayah RW II Kelurahan Sungai Sapih.
    Warga yang dikomandoi oleh Lurah Sungai Sapih Dra. Asnawati ini bersama - sama memulai pra manunggal Kelurahan Sungai Sapih dengan membersihkan jalan, menimbun, serta memotong batang - batang pohon yang menghambat di sepanjang jalan di belakang Masjid Raya Sungai Sapih tersebut.

    "Ini proyek utama kita di manunggal nanti", jelas satu-satunya Lurah Perempuan di Kecamatan Kuranji ini, seluruh perwakilan RT di Kelurahan Sungai Sapih hadir disini, sambung Dra. Asnawati lagi yang didampingi oleh Seklur mudanya nan tak kalah energik, Irfan Febrian, S.STP.

    Tak mau kalah, Ketua LPM Kelurahan Sungai Sapih, Drs. Iswandi Muchtar, yang tak lain tak bukan juga Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Padang juga tampak ikut mengayunkan parang dan cangkul bersama warga. Anggota DPRD Kota Padang yang hobby membaur bersama warga ini tampak bergembira dengan warga yang bergotong royong.

    Menjelang siang, Camat Kuranji, Dra. Rachmadeny Dewi Putri, beserta rombongan Tim I K3 Kecamatan Kuranji hadir bergabung. Kedatangan Camat Deny disambut sumringah oleh warga yang sedang bekerja. mereka saling berebutan bersalaman dengan Camat Kuranji tersebut.

    Camat Deny langsung memberi arahan kepada warga yang sedang bergotong royong. " Panjang jalannya, berapa, pak?", " Harus ada swadaya, dan partisipasi masyarakat ", Ujar Camat Deny.
    "Manunggal itu jangan ada upah, karena yang diharapkan adalah partisipasi masyarakat untuk bergotong royong" tambah Sekcam Kuranji, Yoga Nathasa Amin, S.STP, yang turut mendampingi Camat Deny, beserta Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kec. Kuranji, Rio Ebu P, S.Ip, Kasi Kesos PB Kec. Kuranji Maydarnisyah, serta Kasubag Umum Kec. Kuranji Fizlan Setiawan, S.STP, MM.

    "Manunggal adalah stimulan, rangsangan kepada warga, dana yang diberikan oleh Pemerintah gunanya adalah untuk merangsang dan memicu warga untuk berpartisipasi dalam bentuk apapun, baik bahan bangunan, tenaga gotong royong, dan sebagainya", jelas Deny lagi.

    Tak lama setelah Tim I K3 Kecamatan Kuranji berbincang - bincang dengan warga, para Ibu - Ibu yang sebagian besar terdiri dari kader dan penggiat kegiatan sosial di Kelurahan Sungai Sapih, menggamit tangan Camat Kuranji, Dra. Rachmadeny Dewi Putri. "tando kito bukak pra manunggal jo balanjuang buk camat" (tanda kita buka manunggal dengan makan bersama), ajak mereka dengan senyum lebar.

    Tak ayal seluruh Tim dan warga langsung di daulat ke sebuah rumah yang juga sudah ditunggu oleh tuan rumah dan dibantu oleh Mahasiswa Mahasiswi PKL Stikes Alifah Padang.

    Samba Lado Ikan Puyu, Pucuak Ubi, Gulai Pisang, dan lain sebagainya terhidang bersama nasi panas yang mengepul, "hidangan khas Sungai Sapih harus dicoba Bu Camat" ajak Lurah Sungai Sapih sambil tersenyum.
    "Jangan Salah, hidangan senikmat dan sebanyak ini juga sudah harus dicatat sebagai partisipasi warga dalam Manunggal" jawab Camat Kuranji, Dra. Rachmadeny Dewi Putri sambil mulai menyantap makanannya. (Humas Kuranji)