Kantor : Jalan By Pass Km. 9,5 - Padang | Tlp. : +62 751 495958

Berita

“Sambut Bulan Suci Ramadhan, Kuranji Tanda Tangani Kesepakatan”

  • Publis :04 Juni 2016
  • 279 x dibuka
  • “Sambut Bulan Suci Ramadhan, Kuranji Tanda Tangani Kesepakatan”

    Kuranji,

    Dalam rangka memasuki bulan suci Ramadhan 1437 H, Kecamatan Kuranji melaksanakan Rapat Koordinasi Jajaran Unsur Pimpinan se Kecamatan Kuranji yang dihadiri oleh Muspika Kecamatan Kuranji (Kapolsek dan Danramil), Unsur Koordinasi Pimpinan Dinas dan Puskesmas, Unsur Lembaga Masyarakat serta Lembaga Keagamaan, Karang Taruna, Pemuda, serta elemen masyarakat lainnya , pada Jumat 3 Juni 2016 yang lalu.

    Dalam rapat yang juga merupakan ajang silahturrahmi seluruh unsur di Kecamatan Kuranji ini , Camat Kuranji Dra. Rachmadeny Dewi Putri menyampaikan bahwa selama bulan suci ramadhan ini Pemeirntah Kecamatan Kuranji akan mengadakan lomba K3 Masjid yang ada di setiap kelurahan dan nantinya akan terpilih salah satu terbaik untuk mewakili Kecamatan Kuranji ditingkat Kota padang, selain itu juga akan ada penampilan Da'i Cilik di Setiap Masjid yang dikunjungi oleh Tim Ramadhan, Penilaian pelaksanaan pesantren Ramadhan terbaik dan Kecamatan Kuranji akan mengadakan MTQ antar Aparatur SIpil Negara ( ASN ) Se-Kecamatan Kuranji Kota Padang. Camat Deni juga meminta seluruh elemen masyarakat serta Lurah agar mengawasi dan berperan aktif dalam mensukseskan pelaksanaan Pesantren Ramadhan di wilayahnya asing - masing

    “Kita minta Lurah bersama tokoh masyarakat mengawasi pelaksanaan pesantren ramadhan sebagai wujud dukungan kita dalam mensukseskan program Pemerintah Kota Padang” sambung Camat Kuranji.

    Kuranji

    Rapat Koordinasi yang sedianya juga rutin digelar setiap bulan ini, dimanfaatkan oleh seluruh peserta Rapat untuk saling bertukar informasi, dan membahas berbagai permasalahan di Kecamatan Kuranji.

    “Selama bulan ramadhan nanti, kita semua memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan ibadah, kita tidak ingin selama pelaksanaan Sholat Tarawih masih ada anak-anak yang bermain mercon atau sejenisnya yang dapat mengganggu kekhusyukan masyarakat kita dalam beribadah” arahan Camat Kuranji dalam sambutannya.

    Selain itu, untuk menjaga pelaksanaan tradisi Balimau pada H-1 pelaksanaan puasa, Camat Kuranji mengajak Muspika,Tokoh Masyarakat, KAN serta Tokoh Pemuda untuk senantiasa mengawasi pelaksanaan Balimau yang sesuai dengan norma agama serta adat istiadat.

    Pada penghujung Rapat semua peserta rapat yang juga mewakili seluruh elemen di Kecamatan Kuranji, sepakat untuk menuangkan poin –poin yang akan dijaga, dan dilaksanakan seluruh elemen masyarakat dalam sebuah Berita Acara Kesepakatan.

    Kesepakatan itu antara lain adalah , untuk menjaga ketentraman, ketertiban, dan keamanan selama Bulan Suci Ramadhan serta menjamin kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah di Bulan Suci Ramadhan; mengawasi dan melarang lingkungan sekitar serta anak kemenakan untuk tidak membakar petasan selama Bulan Suci Ramadhan; Menjaga, memperingatkan, dan melaporkan kepada pihak yang berwenang jika ada yang membuka Cafe/Rumah Makan di siang hari Bulan Ramadhan, kecuali Rumah Makan Non Muslim dan juga jika ada pihak yang mengoperasikan kegiatan pasar malam selama Bulan Suci Ramadhan;

    Sedangkan untuk Tradisi Balimau, hanya diizinkan sampai dengan pukul 18.00 WIB, dengan tetap menjaga norma – norma agama, norma adat, termasuk kewajiban untuk mentaati peraturan perundang–undangan yang berlaku; serta bagi masyarakat yang memasuki wilayah Kecamatan Kuranji untuk balimau, wajib mentaati Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas, diantaranya wajib memakai helm dan tidak membawa penumpang dalam mobil bak terbuka.

    Hal ini didukung penuh oleh para peserta rakor diantaranya Kapolsek, Danramil, Ketua KAN, KUA, Kepala UPT Dinas Pendidikan, Dispernakbunhut, BPMPKB serta lembaga masyarakat seperti DMI, Karang Taruna, TKSK dan MTI serta BKS Kuranji.

    “Kami dari Kapolsek dan Danramil sangat mendukung penuh kesepakatan tersebut, demi menjaga ketertiban dan kenyamannan masyarakat melaksanakan Ibadah Puasa dan juga Tradisi Balimau” ucap Kapolsek Kuranji yang diwakili oleh Iptu Suwito.

    Camat Kuranji

    Camat Kuranji, optimis Kuranji akan terjaga dan aman dalam menjalankan Bulan Suci Ramadhan nantinya, “Selama kita semua dapat menjaga diri kita dan keluarga kita masing – asing, dari hal – hal yang akan merusak ibadah kita dan merugikan orang lain, Insya Allah, Masyarakat Kuranji akan dapat melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan dengan khusyuk dan khidmat “ tutup Deni. (Humas Kuranji).