Kantor : Jalan By Pass Km. 9,5 - Padang | Tlp. : +62 751 495958

Berita

Melalui Musrenbang Kita Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Kota Padang

  • Publis :20 Februari 2017
  • 120 x dibuka
  • Melalui Musrenbang Kita Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Kota Padang

    Tahapan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018 sudah masuk tingkat kecamatan. Bulan Januari kemaren Kelurahan Se-Kecamatan Kuranji telah melaksanakan Musrenbang Kelurahan yang merupakan dari hasil rembug warga.
    Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang kelurahan.
    Selasa (14/2/2017) bertempat di Aula Kampus IAIN Imam Bonjol Padang Kecamatan Kuranji melaksanakan Musrenbang Kecamatan Tahun 2018 dengan tema “Melalui Musrenbang Kecamatan Kuranji Kita Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Kota Padang. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Walikota Padang H.Mahyeldi,SP dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Bapak Drs.Apris dan Taufik Hidayat, Anggota DPRD Kota Padang Zaharman, Rektor IAIN Imam Bonjol Padang, Ketua DPC LPM Kecamatan Kuranji Irwan Basir Dt. Rajo Alam SH,MM, Forkompimca,Ketua KAN Pauh IX, Stakeholder, serta Narasumber dari OPD terkait seperti Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Dinas P2KPR Kota Padang serta tokoh masyarakat.
    Walikota Padang mengharapkan “Perencanaan selalu berkaitan dengan masa depan suatu daerah ke arah yang lebih baik dari masa kini. Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) adalah Forum antar pelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah. Dengan demikian Musrenbang Kecamatan yang sedang dilaksanakan adalah forum musyawarah tahunan untuk para stakeholder atau pihak –pihak dan pelaku yang peduli terhadap isu dan permasalah pembangunan di Kecamatan guna mendapatkan masukan program dan kegiatan prioritas dari kelurahan serta menyepakati rencana kegiatan lintas kelurahan di kecamatan sebagai dasar penyusunan rencana kerja pembangunan Kecamatan”
    Walikota Padang mengingatkan bahwa keterlibatan berbagai pihak dalam Musrenbang ini merupakan sesuatu yang mutlak dan selaras dengan semangat otonomi dareh dewasa ini. Ini berarti bahwa sejak proses perencanaan atau pengambilan kebijakan publik masyarakat luas harus terlibat secara nyata sehingga produk kebijakan, program kegiatan pembangunan selaras dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Demikian juga dalam hal implementasi dan pengawasan pembangunan, masyarakat juga diberikan ruang dan diharapkan untuk terlibat secara proporsional sebab masyarakat merupakan subyek sekaligus obyek pembangunan.
    Camat Kuranji Dra.Rachmadeny Dewi Putri menyampaikan “Bahwa Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan ini merupakan hasil dari musrenbang kelurahan yang dilaksanakan pada minggu ke-2 bulan januari kemaren. Dari hasil rembug warga dibawa ketingkat Musrenbang Kelurahan selnajutnya dirumuskan oleh Tim Perumus untuk skala prioritas terhadap usulan yang telah ditetapkan. Kami melihat dari 3 bidang ( Fisik, Ekonomi dan Sosial Kemasyarakatan) Kecamatan Kuranji lebih mengusulkan pada bidang fisik baik dalam bentuk drainase, Betonisasi Jalan serta pengembangan fasilitas lingkungan. Untuk kegiatan ekonomi masih kita fokuskan usulan pada kegiatan pelatihan untuk pengembangan wirausahan baru. Kami harapkan dari hasil musrenbang kecamatan dapat kami akomodir pada anggaran kecamatan kuranji tahun 2018 dan OPD terkait”.
    Pada kesempatan ini juga diumumkan Pelaksana Terbaik Musrenbang Kelurahan di Kecamatan Kuranji dengan peringkat pertama Kelurahan Kuranji, Peringkat Ke-2 Kelurahan Anduring dan Peringkat Ke-3 Kelurahan Pasar Ambacang.

    #kuranjibisa
    #kuranjirancak