Kantor : Jalan By Pass Km. 9,5 - Padang | Tlp. : +62 751 495958

Berita

Kuranji Akan Kembangkan Wisata Kampung Adat

  • Publis :28 Februari 2016
  • 40 x dibuka
  • Kuranji Akan Kembangkan Wisata Kampung Adat

    Pemerintah Kota Padang berencana mengembangkan wisata kampung adat di Kecamatan Kuranji. Inisitif ini muncul karena penduduk di Nagari Pauh IX tersebut masih sangat kental dengan adat istiadat serta mempertahankan budaya khas setempat.

    Hal itu dikemukankan Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo kepada wartawan usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kuranji di Kolam Pemancingan Belimbing, Kuranji, Sabtu (27/2).

    "Kita berencana mengembangkan wisata kampung adat di Kecamatan Kuranji, karena memang masyarakat disini kental dengan budaya dan adat istiadatnya," sebut Walikota Padang yang didampingi Camat Kuranji Rachmadeny Dewi Putri.
    Potensi untuk pengembangan wisata di Kuranji, menurut Mahyeldi cukup besar, lantaran banyak tempat-tempat menarik yang bisa dikelola sehingga menarik minat orang untuk datang ke kecamatan yang saat ini dekat dengan kawasan pusat Pemerintahan Kota Padang ini.

    "Kecamatan Kuranji yang dekat dengan kawasan pusat pemerintahan suatu nilai strategis dalam pengembangan pariwisata serta potensi ekonomi lainnya," kata Mahyeldi.

    Terkait pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Kuranji yang berlokasi di kolam pemancingan, Mahyeldi menilai, ini sebagai inisitaif cerdas yang muncul dari Camat dan warga Kuranji. "Jika biasanya kecenderungan melaksanakan kegiatan seperti ini yang lain memilih lokasinya di hotel atau gedung, tetapi uniknya di Kuranji dilaksanakan di tempat yang lebih dekat dengan alam dan masyarakat," ujarnya.

    Adapun kebutuhan pembangunan yang dominan diusulkan warga Kuranji melalui musrenbang adalah pembangunan infrastruktur berupa jalan baru dan betonisasi jalan lingkungan. Sedangkan usulan non fisik yang bersifat kegiatan, warga menginginkan diadakannya pelatihan-pelatihan usaha serta diberikan penguatan terhadap pengembangan ekonomi masyarakat.

    Camat Rachmadeny juga mengungkapkan, usulan-usulan pembangunan yang berdasarkan hasil rembuk warga dan musrenbang kelurahan merupakan kebutuhan masyarakat Kuranji. Usulan tersebut diharapkan masuk skala prioritas pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sehingga dapat direalisasikan melalui kegiatan pembangunan 2017.

    Selain itu, Rachmadeny juga menyampaikan kebutuhan masyarakat Kuranji untuk penambahan sekolah, baik SMK maupun SMA. "Penambahan sekolah di Kuranji guna menampung anak-anak disini agar lebih dekat dengan lingkungannya. Sedangkan SMK dan SMA yang ada sudah terbatas daya tampungnya," imbuh camat srikandi itu.