Kantor : Jalan By Pass Km. 9,5 - Padang | Tlp. : +62 751 495958

Berita

Implementasi ABS-SBK, Kuranji Prioritaskan Peningkatan Sarana Prasarana

13 Februari 2019

73 x Dibuka

Implementasi ABS-SBK, Kuranji Prioritaskan Peningkatan Sarana Prasarana

Kuranji sebagai kecamatan pengimplementasi "Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah" (ABS-SBK) selalu mengedepankan musyawarah untuk kemaslahatan masyarakat. Hal itu juga dicerminkan dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2020 yang dilaksanakan di aula kantor camat, Selasa (12/2/2019).

Musrenbang Kecamatan Kuranji dihadiri anggota DPRD Sumbar Rahayu Purwanti, Rahmat Saleh dan Yuliarman. Hadir juga Kepala Bagian Pembangunan, Hermansyah mewakili Walikota Padang, unsur dari Bappeda, PUPR, Forkompimka serta diikuti para lurah dan tokoh-tokoh masyarakat.

Camat Kuranji Rachmadenny Dewi Putri mengatakan, kecamatan Kuranji selalu mengedepankan musyawarah dalam pelaksanaan pembangunan. Dimulai dari rembuk warga di tingkat RT dan RW dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) di kelurahan.

"Dari hasil rakorbang kelurahan tersebut dibahas pada Musrenbang tingkat kecamatan. Semua usulan - usulan pembangunan ditentukan yang prioritas untuk diakomodir dalam APBD," katanya.

Untuk Kecamatan Kuranji, katanya selain tetap fokus pada pengimlementasian ABS-SBK, Kuranji juga sudah membentuk kampung tematik dan youth center di setiap kelurahan. Hal

ini mengacu pada visi misi dan program unggulan walikota 2019-2023 sesuai amanat Permendagri 86 tahun 20017 pasal 46 dan Permendagri 22 tahun 2018 tentang penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

"Selain fokus pada implementasi ABS - SBK, percepatan peningkatan sarana prasarana juga dipriotitaskan," ujar camat yang pada 12 Februari 2019 ini tepat tiga tahun bertugas di "Nagari Pauh IX" itu.

Sementara itu, Kabag Pembangunan Hermansyah mengatakan, musrenbang 2020 diarahkan pada implementasi visi misi dan program unggulan Walikota Padang 2019 - 2023. Visi misi walikota Padang 2019 - 2023 yaitu; "Mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan priwisata unggul serta berdaya saing".  Selanjutya diimplementasikan ke dalam 11 Program Unggulan.

"Musrenbang 2020 lebih diarahkan melanjutkan betonisasi jalan lingkungan, pengembangan kawasan wisata, penyelenggaraan pesantren ramadhan, penataan angkutan umum dan program peningkatan sarana prasarana lainnya serta membangun kampung tematik dalam pengembangan ekonomi lokal masyarakat berdasarkan potensi wilayah," kata Hermansyah.

Lebih lanjut dikatakan, dalam menyusun perencanaan sangat dibutuhkan data yang lengkap, akurat dan up to date. "Dengan data kita dapat melihat potret kecamatan dari berbagai sisidan aspek, seperti kondisi infrastruktur dan fasilitas yang ada serta kondisi sosial masyarakat," tukasnya.

Walikota Padang, Mahhyeldi Ansharullah menyebutkan, musrenbang itu dimaksudkan untuk perencanaan pembangunan pada 2020 di kecamatan dan kelurahan. Karena keterbatasan anggaran, tidak mungkin semua usulan dari masyarakat diakomodir. Usulan pembangunan tersebut akan diprioritaskan bila menyangkut hajat orang banyak. (ab)