Kantor : Jalan By Pass Km. 9,5 - Padang | Tlp. : +62 751 495958

Seputar Kuranji

Gambaran Umum Kecamatan Kuranji

  • Publis :05 Mei 2016
  • 1384 x dibuka
  • Gambaran Umum Kecamatan Kuranji

    Kecamatan Kuranji memiliki luas 57,41 km² dan 9 Kelurahan. Yaitu Kelurahan Kuranji, Kelurahan Anduring, Kelurahan Gunung Sarik, Kelurahan Sungai Sapih, Kelurahan Kalumbuk, Kelurahan Pasar Ambacang, Kelurahan Ampang, Kelurahan Lubuk Lintah dan Kelurahan Korong Gadang.

     

    Geografis

    Kecamatan Kuranji berada dalam jarak 5 km dari pusat kota. Wilayah daratan kecamatan Kuranji ketinggiannya sangat bervariasi, yaitu antara 8 m sampai 1.000 m di atas permukaan laut, dengan curah hujan 384,88 mm/bulan.

    Sebelumnya wilayah kecamatan ini masuk ke dalam wilayah kabupaten Padang Pariaman, namun berdasarkan PP nomor 17 tahun 1980, sejak 21 Maret 1980 menjadi wilayah administrasi kota Padang, dengan kota kecamatan terletak di Pasar Ambacang.

    Kecamatan Kuranji bersebelahan atau berbatas dengan :

    Utara Kecamatan Koto Tangah
    Selatan Kecamatan Padang Timut
    Barat Kecamatan Nanggalo dan Padang Utara
    Timur Kecamatan Pauh

     

    Keadaan wilayah pada kecamatan ini, sekitar 35,85 % dari total luas wilayah kecamatan adalah areal persawahan, 12,63% adalah hutan baik hutan rakyat maupun negara, dan sisanya telah dimanfaatkan masyarakat seperti bangunan dan sebagainya.

     

    Kependudukan Dan Kesehatan

    Per tahun 2008 jumlah penduduk yang bermikim atau tinggal di Kecamatan Kuranji terdata 120.309 jiwa. Dan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal, pemerintahan kota Padang telah mendirikan sebanyak 3 buah puskesmas di wilayah kecamatan ini, yaitu pada kelurahan Pasar Ambacang, Kuranji, dan Gunung Sarik.